alfaruq

Senin, 06 Juli 2015

Santunan MT Al faruq tahap 2

PERINTAH MENYANTUNI FAKIR MISKIN DAN ORANG LEMAH

Sebanyak banyak Al-Qur’an dan hadist-hadist Nabi yang memerintahkan untuk menyantuni fakir miskin dan orang-orang lemah. Allah berfirman: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memerimakan orang miskin (Q.S. Al-Ma’un [107]:1-3)
Rasululah bersabda, “Saya dan orang yang menanggunganak yatim atau lainnya di surga, dan orang yang membantu janda dan orang miskin seperti pejuang di jalan Allah (Shhih Jami’: 1476)
Rasulullah juga bersabda, “Carilah (keridhoaan)ku melalui oang-orang lemah di antara kalian. Karena sesungguhnya kalian diberi rezeki dan ditolong dengan sebab orang-orang lemah di antara kalian.” (Silsilah Hadits Shahihah: 779)
Dari Abu Hurairah berkata, “sesungguhnya seorang laki-laki mengadu kpada Rasululah tentang keras hatinya, maka Rasulullah bersabda, ‘Jika engkau ingin hatimu lunak, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.” (Silsilah Hadits Shahihah: 854)
Saudaraku, Jika anda merasa jauh dari Allah, jika anda malas beribadah, jika anda merasa paling hebat, jika anda merasa paling kaya, obatilah hati anda dengan menyantuni anak-anak yatim dan fakir miskin. Merekalah dokter-dokter penyakit hati.












Tidak ada komentar :

Posting Komentar